Selamat Datang Di Blog Museum Biologi UGM Yogyakarta

Rabu, 15 Mei 2013

Beragam Koleksi Di Museum Biologi

Tak sulit menemukan Museum Biologi UGM. Letaknya yang berada di pinggir jalan raya membuat pengunjung tak perlu bersusah payah menemukannya. Museum yang berlokasi di Jalan Sultan Agung No. 22, Yogyakarta ini, berisi informasi mengenai keanekaragaman hayati. Museum Biologi UGM dapat dikunjungi oleh semua kalangan, baik pelajar, mahasiswa, ataupun masyarakat umum.

Museum ini diresmikan pada 20 september 1969 bertepatan dengan Dies Natalis Fakultas Biologi UGM. Namun baru dibuka untuk umum sejak 1 januari 1970. Museum yang didirikan atas gagasan dari Prof Drg RG Indrayana (alm.) dan Prof Ir Moeso Soeryiwinoto ini, ditujukan sebagai sarana edukasi bagi para pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum untuk mempelajari Biologi. “Mahasiswa Biologi UGM biasanya mengadakan penelitian disini, masyarakat umum dan pelajar juga mengunjungi tempat ini untuk melakukan wisata pendidikan” ujar Ratgiyanto SE, salah satu staf Museum Biologi UGM.

Museum Biologi UGM mengkhususkan koleksinya pada flora dan fauna.  Terdapat sekitar 3752 buah koleksi herbarium (awetan) dalam bentuk herbarium kering, herbarium basah, kerangka, serta fosil di dalam museum ini. Sebagaian besar koleksi berasal dari Indonesia, serta beberapa lainnya berasal dari luar negeri yang merupakan sumbangan dari para peneliti, dosen, serta masyarakat.

Keberagaman serta kelengkapan koleksi membuat museum ini menjadi salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Magdalena Putri, salah satu pengunjung museum, mengungkapkan, “Koleksinya bagus-bagus, jadi saya bisa mengenal hewan dan tumbuhan yang belum pernah dilihat.” Titik Ranti Dewanti, pengajar SMPN 2 Depok pun mengaku hampir setiap tahun mengunjungi Museum Biologi UGM bersama para siswanya. “Setiap tahunnya jumlah wisatawan yang mengunjungi museum ini semakin meningkat,” tutur Yanto. Ia menambahkan, peningkatan jumlah pengunjung terutama terjadi pada masa libur sekolah, sekitar Juni dan Juli.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar