Selamat Datang Di Blog Museum Biologi UGM Yogyakarta

Senin, 13 Mei 2013

Sejarah Museum Biologi UGM


Museum merupakan sebuah wahana ilmu pengetahuan dan pendidikan. Sejalan dengan semangat itu, maka pendirian Museum Biologi sangat tepat sebagai sarana edukasi bagi para pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum untuk mempelajari Biologi, khususnya keanekaragaman hayati.

Gambar. penampakan museum Biologi dari depan

Museum Biologi UGM tersebut terletak di Jalan Sultan Agung No. 22 Kecamatan Mergangsan, Kotamadya Yogyakarta, Yogyakarta. Pendirian museum ini merupakan gagasan dari Prof. Drg. RG Indrayana (alm.) dan Prof. Ir. Moeso Soeryowinoto (alm.). Awalnya, koleksi museum ini merupakan penggabungan dari koleksi Museum Zoologicum yang dikelola Prof. Drg. RG Indrayana (alm.) dan koleksi Museum Herbarium yang dikelola Prof. Ir. Moeso Soeryowinoto (alm.). Sejak tahun 1956, kedua museum ini bersama-sama berada di bawah
Fakultas Biologi UGM Yogyakarta yang kala itu masih bertempat di Ndalem Mangkubumen, Ngasem, kondang dengan sebutan Fakultas “Kompleks Ngasem”. 
Pada perkembangan selanjutnya, atas prakarsa Dekan Fakultas Biologi Ir. Suryo Adisewoyo (Alm.), bertepatan dengan Dies Natalis Fakultas Biologi UGM pada tanggal 20 September 1969, diresmikanlah Museum Biologi yang terletak di Jalan Sultan Agung No. 22 Kecamatan Mergangsan, Kotamadya Yogyakarta, Yogyakarta. Peresmian dilakukan oleh Rektor Universitas Gadjah Mada,                Prof. Dr. Soeroso H. Prawirohardjo, M.A. (Alm.). Museum Biologi UGM mulai dibuka untuk umum sejak 1 Januari 1970. Tahun 1969 – 2001, pengelolaan Museum Biologi ini berada di bawah tanggungjawab Drs. Anthon Sukahar sebagai ketua tim pelaksana sekaligus Direktur Museum yang pertama. Berturut-turut merupakan pengganti Drs. Anthon Sukahar yaitu Prof. Dr. Mammet Sagi (2001 – 2003), Dr. RC. Hidayat Soesilohadi, MS (2003 – 2004), Dr. L. Hartanto Nugroho, M.Agr. (2004 – 2008), Drs. Trijoko, M.Si. (2009 – 2011), Ludmilla Fitri Untari S.Si, M.Si (2011 – 2012), dan Donan Satria Yudha, S.Si., M.Sc. (2012 – sekarang).

Koleksi Museum Biologi
Koleksi Museum Biologi UGM ini mengkhususkan pada flora dan fauna. Koleksi tersebut meliputi 3.752 buah koleksi bentuk herbarium kering dan basah, awetan hewan kering dan basah, kerangka, serta fosil. Sebanyak 70% merupakan preparat tumbuhan, sedangkan 30% lainnya berupa preparat hewan. Koleksi-koleksi tersebut sebagian besar berasal dari Indonesia, serta beberapa berasal dari luar negeri yang merupakan sumbangan dari peneliti, dosen maupun masyarakat. Beberapa koleksi merupakan koleksi binatang langka dan wajib dilindungi, misalnya komodo, harimau, beruang madu, trenggiling, burung cendrawasih, dan buaya putih. Adapun koleksi tumbuhan meliputi koleksi tumbuhan rendah (Cryptogamae) sampai dengan koleksi tumbuhan tinggi (Spermatophyta) yang diawetkan dalam bentuk herbarium kering (1672 species dari 180 familia) dan herbarium basah (350 buah). 
Di Museum Biologi dapat dijumpai beberapa kotak Diorama. Di dalam setiap Diorama, terdapat satu jenis atau sekelompok hewan dengan latar belakang habitat mereka yang diilustrasikan pada gambar tiga dimensi. Dengan menyaksikan Diorama ini, maka dapat dibayangkan kehidupan nyata dan habitat hewan-hewan tersebut.
Selain koleksi awetan hewan dan tumbuhan, terdapat pula ruang display untuk pengamatan mikroskopis. Di sini pengunjung mendapat kesempatan untuk mengamati sediaan preparat hewan dan tumbuhan dengan memanfaatkan sarana mikroskop yang ada. Untuk melihat penampakan Koleksi diMuseum bisa langsung menuju TKP/ bisa kunjungi web kami:http://biologi.ugm.ac.id/webmuse/

Sebagai sebuah museum mengkhususkan dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan serta merupakan salah satu tujuan wisata, maka Museum Biologi UGM bertujuan untuk:
1.       Menyimpan koleksi hayati untuk keperluan pendidikan.
2.       Menyelenggarakan peragaan ilmiah.
3.       Mengadakan pameran untuk umum sebagai sarana pengabdian masyarakat.
4.       Museum Biologi sebagai sumber informasi keanekaragaman hayati.
5.       Museum Biologi sebagai media pembelajaran keanekaragaman hayati dan koservasi.ukuku

Jam buka:
Senin – Kamis                         jam 07.30 – 13.30 WIB
Jum’at                                     jam 07.30 – 11.00 WIB
Sabtu                                       jam 07.30 – 12.00 WIB
Minggu                                    jam 08.00 – 12.00 WIB
Hari Libur Nasional Tutup      

Alamat
Jalan Sultan Agung No. 22 Yogyakarta
Telp/Fax. (0274) 376740
Email : mus_bio@ugm.ac.id

3 komentar:

  1. Saat ini, berapa tarif masuknya ? untuk pengunjung umum

    BalasHapus
  2. Bolavita Merupakan Agen Bola Terbesar Di indonesia !! - Ayo Daftar Akun Bola Anda Dan Pasang Taruhan mu Serta Menang Bersama BOLAVITA

    Dapatkan Promo Bonus 10% NEW MEMBER / Cashback Hingga 10%

    Bolavita Menyediakan Promo Bonus New Member & Bonus Setiap Minggu'a.. Bahkan Bolavita Membuat Event Lucky Draw Setiap Bulan'a Teman-teman.. Info

    Hubungi Kontak CS BOLAVITA Di Sini (24 jam Online):

    • BBM: BOLAVITA
    • WeChat: BOLAVITA
    • WA: +6281377055002
    • Line : cs_bolavita

    BalasHapus