Selamat Datang Di Blog Museum Biologi UGM Yogyakarta

Koleksi

Koleksi Museum Biologi UGM ini mengkhususkan pada flora dan fauna. Koleksi tersebut meliputi 3.752 buah koleksi bentuk herbarium kering dan basah, awetan hewan kering dan basah, kerangka, serta fosil. Sebanyak 70% merupakan preparat tumbuhan, sedangkan 30% lainnya berupa preparat hewan. Koleksi-koleksi tersebut sebagian besar berasal dari Indonesia, serta beberapa berasal dari luar negeri yang merupakan sumbangan dari peneliti, dosen maupun masyarakat. Beberapa koleksi merupakan koleksi binatang langka dan wajib dilindungi, misalnya komodo, harimau, beruang madu, trenggiling, burung cendrawasih, dan buaya putih. Adapun koleksi tumbuhan meliputi koleksi tumbuhan rendah (Cryptogamae) sampai dengan koleksi tumbuhan tinggi (Spermatophyta) yang diawetkan dalam bentuk herbarium kering (1672 species dari 180 familia) dan herbarium basah (350 buah). 
Di Museum Biologi dapat dijumpai beberapa kotak Diorama. Di dalam setiap Diorama, terdapat satu jenis atau sekelompok hewan dengan latar belakang habitat mereka yang diilustrasikan pada gambar tiga dimensi. Dengan menyaksikan Diorama ini, maka dapat dibayangkan kehidupan nyata dan habitat hewan-hewan tersebut.
Selain koleksi awetan hewan dan tumbuhan, terdapat pula ruang display untuk pengamatan mikroskopis. Di sini pengunjung mendapat kesempatan untuk mengamati sediaan preparat hewan dan tumbuhan dengan memanfaatkan sarana mikroskop yang ada. Untuk melihat penampakan Koleksi diMuseum bisa langsung menuju TKP/ bisa kunjungi web kami:http://biologi.ugm.ac.id/webmuse/


Beberapa koleksi Museum Biologi UGM

















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar